Menghindari Low Back Injury Saat Berlari

    Low back atau punggung bawah adalah bagian tubuh yang juga berfungsi untuk menopang beban seluruh bagian atas tubuh kita terutama saat berolahraga. Sehabis berolahraga seringkali bagian low back ini rentan mengalami cedera seperti rasa nyeri dengan tingkat sakit yang berbeda. Namun hal ini lazim untuk terjadi.

    Sakit punggung bagian bawah umum terjadi pada para pelari baru ataupun pelari yang sempat vakum lama dan kembali dengan langsung melakukannya dalam intensitas berat. Kondisi ini dapat juga disebabkan oleh stres berulang dan bisa berdampak cukup signifikan terhadap tubuh yang apabila dibiarkan akan menjadi penyakit serius yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hal ini jangan sampai menyurutkan niat kalian untuk berlari ataupun berolahraga ya Sobat Runners. Kalian dapat tetap berlari tanpa merasakan nyeri dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Stretching tepat
    Lakukan stretching dengan tepat yang berfokus pada gerakan untuk mengencangkan otot pinggul sehingga otot disekitar dapat lebih kuat dan fleksibel. Dan jangan lupa juga untuk melakukan peregangan setelah olahraga selesai.

  • Latihan ringan
    Lakukan latihan ringan terutama yang melatih otot perut dan punggung. Jenis latihan yang baik untuk nyeri punggung adalah yoga, pilates, jalan kaki, dan berenang. Dalam hal ini kalian dapat melakukan jalan kaki secara rutin sebelum memulai berlari dengan intensitas tinggi.

  • Sepatu yang sesuai
    Penggunaan sepatu yang tidak sesuai selain menyebabkan rasa tidak nyaman saat berlari juga dapat menyebabkan cedera pada low back. Pilihlah sepatu lari yang memiliki bantalan empuk atau orthotic agar otot pada low back tidak terlalu sulit dalam menopang tubuh.

  • Berat badan ideal
    Berat badan berlebih akan memberikan penekanan lebih besar pada otot-otot punggung bawah dan tulang belakang sehingga dalam berolahraga rentan untuk memicu terjadinya cedera.

    Apabila kalian sudah terlanjur mengalami nyeri atau cedera pada low back, kalian dapat meredakan nyeri tersebut dengan berbagai cara seperti memberikan kompres dingin pada punggung dengan cara membungkus es pada kain, kemudian tempelkan pada punggung bawah selama 15-20 menit. Tiga hari setelah nyeri punggung muncul, ganti dengan kompres hangat. Kemudian dapat dilakukan dengan memperbaiki posisi tidur. Disarankan untuk tidur dengan posisi kaki sedikit lebih tinggi. Kalian bisa mencoba mengganjal kaki dengan bantal saat tidur untuk mengurangi tekanan pada punggung. Hindari juga mengangkat benda berat, agar nyeri punggung bawah tidak muncul kembali.

    Jika nyeri berlangsung secara berkepanjangan dan menimbulkan tingkat nyeri yang tinggi silahkan lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tetap semangat berolahraga Sobat Runners!