PLOGGING, TREND LARI YANG MESTI KAMU COBA

    Sobat Runners sudah mulai bosan dengan aktivitas lari yang gitu-gitu aja? Kepikiran berlari sambil melakukan aktivitas lainnya yang positif? Mungkin sudah saatnya kalian mencoba untuk ikutan trend plogging nih!

 

    Plogging  merupakan trend yang diperkenalkan oleh masyarakat Swedia, kata Plogging  diambil dari kombinasi antara kata “jogging” dan istilah Swedia, “plocka upp”, yang artinya mengambil. Plogging  kemudian dikenal sebagai olahraga lari sambil memunguti sampah di sekitar. Olahraga ini digagas oleh seorang ahli lingkungan bernama Erik Ahlstrom yang tergerak untuk membersihkan kota Stockholm di Swedia. Menurut Ahlstrom, Stockholm saat itu kotor dan mirip seperti tempat pembuangan sampah. Masyarakat Swedia pun mulai ramai mempraktikkan plogging  pada 2016.

 

    Selain plogging  sendiri, ada juga variasi aktivitas lain yang berasal dari istilah plogging , seperti “taking a palk” (berjalan-jalan sambil plogging ) atau “pike” (hiking sambil plogging ). Intinya adalah melakukan kegiatan fisik sembari membantu memungut sampah kalian temukan disekitar. Plogging  dapat dilakukan secara mandiri ataupun berkelompok (komunitas) dengan membawa alat-alat pendukung seperti sepasang sarung tangan & kantong yang bisa didaur ulang, ucap Ahlstrom. 

 

    Kegiatan ini tentunya memberikan dampak positif berupa manfaat seperti untuk kesehatan & olahraga, menangani polusi plastik, menyelamatkan satwa liar, dan mengurangi beban biaya sosial dalam hal penanganan sampah di tempat publik. Kalau Sobat Runners tertarik untuk mencoba kegiatan ini sebagai alternatif aktivitas baru, ada beberapa tips yang harus dipersiapkan loh, seperti:

 

1.    Pilih Rute Plogging : Tentukan rute plogging  yang kalian tahu memiliki banyak sampah, namun tetap aman.

 

2.  Perlengkapan plogging : Jangan lupa untuk membawa kantong sampah serta sepasang sarung tangan, juga cairan disinfektan atau pembersih tangan jika diperlukan.

 

3.    Bagikan Aktivitas Ploggingmu: Dokumentasikan kegiatan ploggingmu dan bagikan di media sosial. Siapa tahu teman-teman, keluarga, serta kolega Anda menjadi ikut tertarik untuk melakukan hal serupa. Viralkan trend baik dan bermanfaat ini yuk!

    Bagaimana Sobat Runners? Apakah berniat untuk memulai kegiatan plogging  sebagai alternatif aktivitas lari kalian? Jika Sobat Runners berniat untuk memulainya, jangan lupa bagikan keseruannya di media sosial serta mention instagram @im_roadrunner juga ya!