Slow Jogging untuk kalian yang selalu ngos-ngosan

    Slow Jogging atau dalam bahasa Indonesia merupakan jogging dengan kecepatan lambat yang sudah mulai digunakan oleh masyarakat Jepang. Metode ini populer oleh Professor Hiroaki Tanaka dari Universitas Fukuoka, Jepang yang mengembangkan riset tentang istilah jogging santai ini selama bertahun-tahun.

    Metode Slow Jogging ini terbukti efisien, dikarenakan dapat membantu Tanaka menyelesaikan marathon dalam durasi 2 jam 38 menit 50 detik pada usiannya yang ke-50th. Tanaka juga menyarankan, bagi pemula yang akan mencoba slow jogging ini dapat dimulai dengan durasi 1 menit dan berjalan 30 detik secara intens dan repitisi.

    Jogging ini memang menekankan pada konsistensi dan repitisi ketika berlari serta membuat gerak tubuh maupun pernapasan mengalir secara alami, tanpa perlu mengeluarkan kekuatan lebih. Namun, sebelum kalian mencobanya ikuti tips & triknya terlebih dahulu yuk!

  • Perhatikan mengenai langkah kecil dan bunyinya.
    Langkah yang dibuat harus kecil namun konsisten, hal ini tentunya perlu banyak latihan karena sering kali membuat kagok.

  • Bagian tubuh belakang harus tetap tegak.
    Karena tujuan dari slow jogging ini berlari dengan relax, maka hindari gerakan yang akan memicu kecepatan.

  • Relaksasi bahu dan tangan.
    Dalam metode ini diperlukan tubuh yang relax begitupun dengan anggota tubuh lainnya.

  • Atur napas dan biarkan bernapas secara normal.
    Jangan sampai kehabisan napas yang akan membuat adrenaline terpicu, tetap senyum.

  • Selalu melihat ke depan dan angkat dagu mu.
    Tetap jaga pandangan dan lihat track atau rute yang dilalui.

  • Perhatikan untuk menjadikan telapak kaki depan sebagai pijakan dan jangan memandang tanah.
    Ini merupakan gerakan khas dari slow jogging yang harus di lakukan agar metode lebih efektif.

    Pada dasarnya jika kalian tidak dapat berbicara saat mencobanya maka lari kalian terlalu cepat. Konsep jogging ini menekankan bukan pada kecepatan ketika berlari. Tanaka menyebutkan bahwa kunci ketika melakukan jogging ini adalah niko pace. Dalam bahasa Jepang niko berarti tersenyum. Nggak seperti lari biasa yang membutuhkan tenaga ekstra, jogging santai ini lebih seperti berjalan-jalan, dengan intensitas yang cukup ringan dan pastinya jangan lupa untuk tersenyum.

    Selamat mencobanya, kapanpun, dimanapun Sobat Runners.